5 Akibat Asam Urat Tinggi Yang Perlu Di Waspadai

5 Akibat Asam Urat Tinggi Yang Mengakibatkan Penderita Harus Menjalani Operasi

Apakah Anda pernah merasakan nyeri yang hebat di persendian? Jika iya, Anda harus sedikit waspada sebab mungkin saja itu merupakan gejala dari asam urat yang tinggi. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi pada orang lanjut usia, karena memang kemampuan mereka dalam penyerapan nutrisi yang berkurang, terutama pada ginjal sehingga zat yang seharusnya dikeluarkan menjadi menumpuk di dalam tubuh, terutama sendi. Banyak dari orang Indonesia yang menghubungkan penyakit asam urat dengan rematik. Bahkan mereka menganggap bahwa penyakit ini sama. Jika ditelusuri, rematik merupakan salah satu istilah yang sering digunakan karena adanya peradangan pada sendi atau otot dan menyebabkan rasa nyeri. Peradangan yang terjadi inilah yang merupakan akibat asam urat tinggi. Orang dengan asam urat yang tinggi akan mengalami gejala – gejala dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan jam saja. Biasanya rasa nyeri tersebut akan berlangsung selama 3 hingga 10 hari sehingga mereka tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Selain itu, pembengkakan juga bisa terjadi akibat asam urat tinggi. Sebenarnya masih banyak komplikasi yang bisa ditimbulkan karena adanya penyakit asam urat ini. Bahkan beberapa komplikasi akan sangat sulit untuk disembuhkan.

Bagaimana Asam Urat Terbentuk?

Berbagai nutrisi yang diserap oleh tubuh dan berasal dari makanan yang dikonsumsi disebut dengan purin. Purin inilah yang menyebabkan pembentukan akan asam urat yang bisa larut dengan darah. Pada umumnya ginjal akan bekerja mengelurkan asam urat dari dalam tubuh bersamaan dengan urin. Namun karena asam urat yang terbentuk di dalam tubuh yang banyak maka ginjal akan kehilangan kemampuannya untuk bisa menyaringnya. Dengan begitu, asam urat lama kelamaan akan terbentuk di dalam darah. Kemudian terbentuklah kristal – kristal asam urat yang bisa menyebabkan nyeri pada persendian.

Penyebab dari asam urat sendiri ada berbagai macam sebagai berikut:

  1. Pola makan yang salah yang menjadi akibat asam urat tinggi. Terutama bagi Anda yang banyak mengonsumsi alkohol, daging banyak lemak, makanan laut, minuman bersoda, zat pemanis buatan dan juga minuman penambah stamina.
  2. Obesitas atau berat badan berlebih merupakan salah satu penyebab akan terjadinya asam urat yang tinggi. Terlebih lagi ginjal yang mengalami penurunan akan kerja dalam menyaring nutrisi di dalam makanan.
  3. Beberapa penderita penyakit tertentu seperti diabetes, hipertensi, stroke, batu ginjal, penyakit jantung dan ginjal juga mengalami asam urat.
  4. Penggunaan obat tertentu dalam jangka waktu yang lama.
  5. Garis keturunan yang juga memiliki riwayat penyakit asam urat.
  6. Orang yang memasuki usia 40 tahun.
  7. Wanita yang hampir memasuki masa menopause.

Komplikasi Akibat Asam Urat Tinggi

Penyakit asam urat tentu tidak bisa dianggap remeh. Sebab penderita asam urat tidak hanya merasakan nyeri yang hebat saja, tapi juga sendi bisa susah untuk digerakkan.

Bahkan jika dibiarkan secara terus menerus akan menyebabkan beberapa komplikasi akibat asam urat tinggi. Berikut ini di antaranya:

1. Batu ginjal

Menurut penelitian, sebagian dari penderita asam urat juga mengalami komplikasi batu ginjal, yakni sekitar 10 hingga 20 persen. Hal ini ditandai dengan banyaknya penderita yang selalu memiliki keinginan untuk buang air kecil. Selain itu, penderita juga akan mengalami rasa perih atau sakit saat buang air kecil disertai dengan aliran urin yang tidak lancar. Bahkan apabila penderita tidak menangani hal ini dengan segera maka bisa berakibat infeksi pada kandung kemih. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa asam urat perlu dikeluarkan dari dalam tubuh bersamaan dengan urin. Karena tidak bisa dikeluarkan dengan maksimal, asam urat tidak hanya menumpuk di persendian tapi juga akan mengendap di dalam tinggi. Hal inilah yang menjadi salah satu akibat asam urat tinggi. Kemungkinan pengobatan akan mudah dilakukan apabila endapan yang terjadi tidak banyak. Namun karena asam urat yang tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal.

2. Gagal ginjal

Tidak hanya batu ginjal saja yang terbentuk, akibat asam urat tinggi yang lainnya bisa menyebabkan gagal ginjal. Asam urat bisa menyebabkan endapan pada ginjal dan menginfeksi ginjal. Hal inilah yang disebut dengan penyakit ginjal. Apabila dibiarkan bukan tidak mungkin akan mengalami gagal ginjal. Hal ini tentu bisa Anda bayangkan sendiri. Asam urat bisa Anda anggap sebagai sampah dan ginjal merupakan organ yang berguna untuk menyaring. Tentu saja, jumlah sampah atau asam urat yang tinggi di dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan pada organ tertentu, terutama ginjal. Dengan begitu, ginjal akan mengalami kerusakan dan menyebabkan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Kerusakan sendi

Asam urat yang terlampau tinggi akan dan menumpuk di dalam sendi akan membentuk kristal – kristal asam urat. Dengan begitu, akibat asam urat tinggi bisa menyebabkan adanya kerusakan pada persendian. Bahkan bisa permanen dan membuat penderitanya tidak bisa bergerak sama sekali. Apabila hal tersebut sangat lambat ditangani biasanya penanganan hanya bisa dilakukan dengan jalan operasi, yakni dengan melakukan perbaikan atau penggantian.

4. Munculnya benjolan – benjolan di bawah kulit atau tofi

Akibat asam urat tinggi juga menyebabkan tofi terbentuk seperti benjolan – benjolan yang mengganggu. Tofi sendiri adalah gumpalan – gumpalan kecil yang berwarna kuning dan juga putih dan terletak pada balik kulit. Biasanya penderita asam urat akan mengalami benjolan tofi yang terletak di sendi lutut, siku, jari, tangan, atau tumit. Pembentukan akan gumpalan – gumpalan tofi tersebut biasanya terjadi karena asam urat yang tinggi dan tidak mendapatkan penanganan dengan baik dan cepat. Hal ini menjadi salah satu gejala bahwa asam urat yang Anda derita bisa saja sudah komplikasi dan harus mendapatkan penanganan dengan segera. Sebagian besar asam urat yang bisa diturunkan juga akan mengencilkan gumpalan – gumpalan dari tofi tersebut. Namun sebaliknya, asma urat yang tidak diobati dengan benar akan membuat tofi semakin besar dan bisa menyebabkan rasa sakit atau nyeri yang sangat hebat.

5. Masalah psikis

Biasanya penderita juga akan mengalami perubahan akan suasana hati. Hal inilah yang menjadi salah satu akibat asam urat tinggi. Jadi tidak hanya karena rasa nyeri yang ditimbulkannya, melainkan penderita akan terhambat dalam melakukan kegiatan mereka sehari – hari. Dengan begitu, banyak dari pada penderita asam urat yang juga mengalami stress hingga depresi. Maka akan sangat penting penderita asam urat juga sering berkonsultasi dengan para psikologi akan keadaan psikis mereka.

Dengan demikian, beberapa komplikasi yang ditimbulkan akibat asam urat tinggi yang tentu perlu diwaspadai. Agar asam urat tidak menimbulkan komplikasi tentu sangat dibutuhkan penanganan dengan segera. Tidak hanya itu saja, gaya hidup sehat juga harus dilakukan agar nyeri yang ditimbulkan karena asam urat tidak timbul dan asam urat bisa dikeluarkan bersamaan dengan urin.

Untuk lebih lengkapnya kunjungi situs ini: http://indonesiasehat.net/asamurat/

5

Apa Itu TNE dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk Info Lengkap Mengenai TNE Silahkan Tekan Tombol "Klik Disini" Di Bawah Ini 

12

Hey, Anda atau Anggota Keluarga Sering Asam Uratnya Tinggi?

Kami Bisa Mengirimkan Banyak Tips Untuk Menurunkan Asam Urat Seperti Diatas ke Email Anda

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini

Dapatkan Semua Tips Tentang Asam Urat Sekarang, Gratis!

Isi Form Dibawah Ini !

(Rekomendasi Dokter)

enter website menanggulangi asam urat

Mohon Diisi Dengan Pak/Bu

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Email Anda

Semoga Masyarakat Indonesia Semakin Sehat Ke Depan Dengan Tips Asam Urat Ini.

Bagikan Juga ke Teman-Teman Ya!

Leave a Reply